VISI MISI PUSKESMAS PLAYEN II TAHUN 2010

VISI DAN MISI UPT PUSKESMAS PLAYEN II TAHUN 2010

VISI :

Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di wilayah kerja UPT Puskesmas Playen II untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri

MISI :

  1. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta untuk tercapainya kemandirian masyarakat di bidang kesehatan.
  2. Menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan yang paripurna, merata, bermutu dan berkeadilan
  3. Menjamin ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan
  4. Menciptakan tata kelola pelayanan kesehatan yang baik

STRATEGI :

  1. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan swasta dalam pembangunan kesehatan melalui kerja sama lintas program dan lintas sektoral
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau, bermutu dan berkeadilan, serta berbasis bukti, menyeluruh dengan pengutamaan pada upaya promotif dan preventif.
  3. Meningkatkan cakupan pembangunan kesehatan, melalui pendanaan yang ada di puskesmas dan masyarakat
  4. Meningkatkan pengembangan dan pendayagunaan SDM kesehatan yang merata dan bermutu.
  5. Meningkatkan ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan obat dan alat kesehatan serta menjamin keamanan, khasiat, kemanfaatan, dan mutu sediaan farmasi, alat kesehatan, dan makanan.
  6. Meningkatkan manajemen kesehatan yang akuntabel, transparan berdayaguna dan berhasilguna untuk memantapkan pelayanan kesehatan yang bertanggungjawab

BENTUK KEGIATAN :

  1. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan swasta dalam pembangunan kesehatan melalui kerja sama lintas program dan lintas sektoral
    1. Mengoptimalkan koordinasi dan jejaring lintas sektoral dan lintas program di tingkat kecamatan
    2. Membuat jejaring dengan lembaga di tingkat desa dalam rangka implementasi program kesehatan.
    3. Membuat jejaring dengan kader sebagai pelaksana program kesehatan di masyarakat
    4. Membina posyandu, desa siaga yang telah ada di masyarakat
    5. Meningkatkan jejaring pelayanan kesehatan di sekolah ataupun pondok pesantren
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau, bermutu dan berkeadilan, serta berbasis bukti, menyeluruh dengan pengutamaan pada upaya promotif dan preventif.
    1. Mengoptimalkan bentuk pelayanan kesehatan sesuai dengan fasilitas yang tersedia
    2. Mengoptimalkan peran SDM sesuai tupoksi pelayanan yang ada
    3. Melengkapi fasilitas penunjang pelayanan medis secara bertahap sesuai perkembangan jaman
    4. Memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar
    5. Melaksanakan rujukan horizontal dalam rangka meningkatkan peran klinik sehat, dengan tetap memberikan pelayanan rujukan vertikal sesuai standar.
    6. Meningkatkan koordinasi antar unit pelayanan
  3. Meningkatkan cakupan pembangunan kesehatan, melalui pendanaan yang ada di puskesmas dan masyarakat
    1. Mendorong masyarakat untuk mendukung pendanaan kesehatan yang bersumber dari masyarakat
    2. Merencanakan anggaran kegiatan kesehatan yang sesuai dengan permasalahan yang ada di masyarakat
    3. Mendukung pencapaian SPM (Standar Pelayanan Minimal) melalui dana yang ada.
  4. Meningkatkan pengembangan dan pendayagunaan SDM kesehatan yang merata dan bermutu.
    1. Melaksanakan transfer ilmu (kalakarya) dari SDM yang mengikuti pelatihan kepada rekan-rekan lainnya.
    2. Membuat peta jabatan sesuai dengan kompetensi yang ada
    3. Melaksanakan analisis beban kerja dan mutasi internal
  5. Meningkatkan ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan obat dan alat kesehatan serta menjamin keamanan, khasiat, kemanfaatan, dan mutu sediaan farmasi, alat kesehatan, dan makanan.
    1. Mengoptimalkan peran apotek dan gudang obat dalam pelayanan kesehatan
    2. Mengoptimalkan monitoring dan evaluasi penggunaan obat pelayanan kesehatan
    3. Mengoptimalkan pencatatan dan pelaporan obat dan alkes
    4. Merencanakan kebutuhan obat dan alkes secara rutin
  6. Meningkatkan manajemen kesehatan yang akuntabel, transparan berdayaguna dan berhasilguna untuk memantapkan pelayanan kesehatan yang bertanggungjawab
    1. Melaksanakan monitoring dan evaluasi terpadu setiap bulan
    2. Menanggapi dengan segera setiap keluhan konsumen yang disampaikan
    3. Melaksanakan lokmin tribulanan secara rutin

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: