KEGIATAN GERTAK JUMANTIK

KEGIATAN GERAKAN SERENTAK PEMANTAUAN JENTIK MANDIRI

Di bulan Januari 2010 ini, terjadi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) merata di seluruh Indonesia. Termasuk salah satunya di wilayah Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Apalagi sekarang masuk siklus lima tahunan, sehingga kemungkinan jumlah kasus DBD lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Nyamuk penyebar virus DBD, ternyata sekarang dapat hidup di air yang kotor juga. Perubahan iklim global, cuaca yang tidak menentu juga berperan dalam perkembangbiakan nyamuk tersebut. Kegiatan pencegahan lebih baik daripada mengobati. Siklus hidup nyamuk yang mulai dari telur sampai menetas satu minggu. Sehingga dirasakan perlu kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) minimal 1 minggu sekali. Ada baiknya bila PSN dilakukan serentak, sehingga benar-benar efektif untuk mematikan siklus nyamuk tersebut.

Hari Selasa, tanggal 2 Februari 2010, di aula kecamatan Playen dilaksanakan pencanangan gerakan serentak pemantauan jentik secara mandiri di tingkat keluarga oleh Bapak Bupati Gunungkidul. Dihadiri oleh Dinas Kesehatan Gunungkidul, lintas sektoral kecamatan Playen, Desa siaga se kecamatan Playen, PKK , Perangkat Desa dan tamu undangan lainnya. Pada acara ini diserahkan secara simbolis stiker kartu pemantauan jentik kepada desa Siaga se kecamatan Playen.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: